Tumbuhan herbal yang bermanfaat sebagai pengobatan tradisional terhadap penyakit dan analisis kandungan beserta khasiatnya dan juga bermanfaat bagi tubuh. Tanaman obat (herbal), buah-buahan, dan sayuran yang mempunyai zat aktif antioksidan yang berfungsi meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menangkal radikal bebas, sangat mudah dijumpai di sekitar kita. Seperti Tanaman binahong (Anredera cordifolia) adalah tanaman obat potensial yang dapat mengatasi berbagai jenis penyakit. Bagian tanaman binahong yang bermanfaat sebagai obat pada umumnya adalah daun. Karena ada terdapat senyawa kimia yang terkandung didalam ekstrak daun binahong yang mempunyai aktivitas sebagai antibakteri  dari terapi herbal antibakteri ala tanaman binahong. 

Tumbuhan Herbal

Tanaman binahong (Anredera Cordi-cofolia Ten Steenis) adalah tanaman obat potensial yang dapat mengatasi berbagai jenis penyakit. Beberapa penyakit yang dapat disembuhkan dengan menggunakan tanaman ini adalah seperti pada kerusakan ginjal, diabetes, pembengkakan jantung, muntah darah, wasir, pemulihan pasca operasi, pemulihan pasca melahirkan, menyembuhkan segala luka dalam dan khitanan, radang usus, menormalkan tekanan darah, sembelit, sesak napas, sakit perut, menyuburkan kandungan, maag, asam urat, keputihan, pembengkakan hati, meningkatkan vitalitas dan daya tahan tubuh. Tanaman ini berasal dari dataran cina dengan nama asalnya adalah dhengshanchi dan di negara inggris di sebut madeira vine. 

Sinomim baussingau ltia gracilismiers, baussingaultia cordicofolia, baussin-gaultia basselloides. Tumbuhan herbal ini sangat besar dalam dunia pengobatan, secara empiris Binahong dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Dalam pengobatan, bagian tanaman yang digunakan dapat berasal dari akar,batang, daun, dan bunga maupun umbi yang menempel pada ketiak daun. Tanaman ini di kenal dengan sebutan madeira vine yang dipercaya memiliki kandungan antiaoksidan tinggi dan antivirus. Zat Antimikroba Yang Terkandung Pada Tanaman Binahong (Anredera Cordicofolia (Ten) Steenis) ada  (Flavanoid) merupakan senyawa polar yang umumnya mudah larut dalam pelarut po-lar seperti etanol, menthanol, butanol,aseton, dan lain-lain. Flavanoid dalam tumbuhan terikat pada gula sebagai glikosida dan aglikon flava-noid, gula flavanoid mudah larut dalam air.  (Saponin) dibedakan sebagai saponin triterpenoid dan saponin steroid. 

Saponin triterpenoid umumnya tersusun dari sistem cincin oleonana atu ursuna. Glikosida mengandung 1-6 unit minosakarida (Glukosa, Galaktosa, Ramnosa) dan aglikon, disebut sapogenin, mengandung satu atau dua gugus karboksi. Alkaloid merupakan golongan zat tum-buhan sekunder yang terbesar. Alkaoid mencakup senyawa bersifat basa yang mengandung satu atau lebih atom nitrogen, biasanya dalam gabungan, sebagai bagian dari sistem siklik. Alkaloid sering bersifat racun bagi manusia dan banyak mempunyai fisiologis yang menonjol, jadi digunakan secara luas dalam bidang Pengobatan. (Terpenoid) atau isoprenoid merupakan salah satu senyawa organik yang hanya terbesar di alam, yang terbentuk dari sat-uan isoprena (CH3=C(CH3)-CH=CH2). Senyawa terpenoid merupakan senyawa hidrokarbon yang dibedakan berdasar jumlah satuan isoprena penyusunnya, group metil dan atom oksigen yang diikatnya. 

Kirim pesan
1
Hallo,
ada yang bisa kami bantu untuk Anda