Anggur Merah (Vitis vinifera) Adalah jenis tanaman herbal yang berasal dari alam yang mana memiliki banyak khasiat yang berguna untuk mengobati beberapa penyakit. Sebagian masyarakat besar masih banyak yang belum tahu tentang apa itu khasiat dari Jus buah Anggur merah itu sendiri. Oleh karena itu, kita perlu mengupas tuntas tentang buah Anggur merah  berguna buat apa aja sih? Seiring dengan perkembangan zaman, konsumsi makanan pada masyarakat dunia, yang mana banyak sekali telah mengalami perubahan. Hal ini bisa menyebabkan meningkatnya angka kejadian penyakit mulut pada manusia, dengan prevalensi tertinggi adalah karies gigi dan penyakit periodontal. Yang mana perlu kita ketahui bahwa penyakit ini terdapat Adanya flora bakterial mulut dalam bentuk plak merupakan syarat utama bagi terbentuknya karies. 

anggur merah

Oleh karena itu pencegahan karies dan penyakit periodontal didasarkan pada pengendalian bakteri pada plak.  Salah satu bakteri yang secara umum dianggap sebagai agen penyebab utama karies gigi adalah Streptococcus mutans (Loesche, 1986). 3 Mikroorganisme ini sebenarnya merupakan bakteri normal rongga mulut tetapi bila terjadi perubahan pada lingkungan hidupnya maka populasinya dapat meningkat dan menyebabkan proses karies berlangsung lebih cepat. Upaya pencegahan karies dan penyakit periodontal dapat diatasi dengan cara mengonsumsi bahan herbal yang terbuat dari Jus Anggur Merah. Anggur memiliki berbagai macam manfaat, antara lain mampu mencegah kerusakan gigi. Beragam manfaat anggur tak lepas dari keberadaan fitokemikal yang banyak terkandung dalam kulit dan biji anggur, antara lain golongan polifenol, flavonoid dan asam lemak. 

Sehingga pada kasus ini, mendorong peneliti untuk mengetahui apakah benar buah  Anggur Merah mempunyai efek antibakteri terhadap Streptococcus mutans secara in vitro dan dari  Jus Anggur Merah yang mampu menghambat dan atau membunuh Streptococcus mutans. Pembuatan jus Anggur Merah dengan cara buah Anggur Merah dimasukkan kedalam juicer. Jus anggur yang didapat disentrifuge dengan kecepatan 4000rpm selama 30 menit, kemudian diambil supernatannya. Kemudian Supernatan yang sudah  diambil, lalu dicampur dengan bahan media Brain Heart Infusion (BHI)  kemudian disterilkan dengan cara filtrasi menggunakan vacuum filter. 

Dan ternyata dari hasil penelitian ini Anggur Merah (Vitis vinifera)  menunjukkan aktivitas antibakteri terhadap Streptococcus mutans. Jus Anggur Merah menunjukkan Kadar Hambat Minimum terhadap Stretococcus mutans pada konsentrasi 50% dan menunjukkan Kadar Bunuh Minimum pada konsentrasi 100%. Kemampuan Anggur Merah memang dapat  menghambat pertumbuhan Streptococcus mutans (bakteriostatik) sesuai dengan penelitian yang dilakukan oleh Christine Wu yang menunjukkan bahwa fitokemikal yang terdapat pada anggur mampu menekan pertumbuhan bakteri mulut penyebab karies dan penyakit periodontal.  Fitokemikal yang terdapat dalam Anggur sendiri antara lain golongan polifenol (resveratrol dan tannis), golongan flavonoid (quercetin, cathecin, pectin,oecyanin), dan asam lemak (oleic acid, oleanolic acid, oleanolic aldehyde,betulin, betulinic acid). Zat yang mampu menghambat pertumbuhan kuman adalah oleanolic acid, oleanolic aldehyde, cathecin, dan tannins. 

Kirim pesan
1
Hallo,
ada yang bisa kami bantu untuk Anda